Rabu, 17 Mei 2023

Objek Budaya Lokal: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Budaya Lokal

Budaya lokal adalah kebudayaan yang tumbuh dan berkembang serta dimiliki dan diakui oleh masyarakat suku bangsa setempat. Dikutip dari Media dan Perkembangan Budaya oleh Faridz Alfansa Bhaskara dkk., budaya lokal akan muncul pada saat masyarakat suatu daerah telah memiliki pola pikir dan kehidupan sosial yang sama, sehingga menjadi suatu kebiasaan yang membedakan mereka dengan masyarakat yang lain.

Pengetian Objek Budaya Lokal

Objek Budaya Lokal

Budaya adalah pikiran dan akal budi yang dimiliki manusia, sedangkan kebudayaan adalah segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia sebagai hasil pemikiran dan akal budinya. Secara umum, pengertian objek budaya lokal adalah hasil kebudayaan yang ada pada masyarakat daerah tertentu yang menjadi ciri khas suatu daerah. 

Jenis-Jenis Objek Budaya Lokal

  • Budaya benda/material, yakni kebudayaan yang merujuk pada benda-benda, seperti pakaian adat, patung, lukisan, bangunan, jembatan, dan senjata tradisional.
  • Budaya non-benda/non-material, yakni kebudayaan yang menghasilkan produk tidak dapat dalam bentuk benda karena sifatnya abstrak, seperti cerita rakyat, mitos, simbol, tarian, pantun, dan upacara adat. 
Contoh Budaya Lokal
  • Adat istiadat.
  • Permainan rakyat.
  • Tradisi lisan.
  • Olahraga tradisional.
  • Seni
Adat Istiadat

Adat Istiadat

Adat istiadat adalah kebiasaan yang didasarkan pada nilai tertentu dan dilakukan oleh kelompok masyarakat secara terus-menerus dan diwariskan pada generasi berikutnya. Contoh adat istiadat adalah upacara adat, tata kelola lingkungan, dan tata cara penyelesaian sengketa.

Permainan Rakyat

Permainan Rakyat

Permainan rakyat adalah berbagai permainan yang didasarkan pada nilai tertentu dan dilakukan kelompok masyarakat yang bertujuan untuk menghibur diri. Contoh permainan rakyat antara lain permainan kelereng, congklak, gasing, dan gobak sodor.

Tradisi Lisan

Tradisi Lisan

Tradisi lisan adalah tuturan yang diwariskan secara turun-temurun oleh masyarakat, seperti sejarah lisan, dongeng, rapalan, pantun, cerita rakyat, atau ekspresi lisan lainnya. Contoh cerita rakyat yang terkenal antara lain Malin Kundang dari Sumatra Barat, Tangkuban Perahu dari Jawa Barat, dan Legenda Si Kembar Sawerigading dan Tenriyabeng dari Sulawesi Barat.

Olahraga Tradisional

Olahraga Tradisional

Olahraga tradisional adalah berbagai aktivitas fisik dan atau mental yang bertujuan untuk menyehatkan diri dan meningkatkan daya tahan tubuh, didasarkan pada nilai tertentu serta dilakukan oleh kelompok masyarakat secara terus menerus. Contoh olahraga tradisional antara lain pencak silat, pasola, lompat batu, dan debus.

Seni

Seni Tradisional

Seni adalah ekspresi artistik individu, kolektif, atau komunal, yang berbasis warisan budaya maupun berbasis kreativitas penciptaan baru yang terwujud dalam berbagai bentuk kegiatan dan atau medium. Seni terdiri atas seni pertunjukan, seni rupa, seni sastra, film, hingga seni media. Seni pertunjukan antara lain seni tari, seni teater atau seni musik. Contoh seni rupa adalah lukisan, patung, atau keramik.

Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar