Senin, 03 April 2023

Microsoft Excel - Function HLookUp

Function HLookUp

Function HLOOKUP adalah rumus Excel yang memungkinkan kamu untuk menemukan data secara horizontal pada suatu tabel. Caranya dengan mencari nilai tertentu pada baris atas tabel, dan kemudian mengambil nilai yang cocok dengan kriteria yang kamu pasang.

Dengan kata lain, Function HLOOKUP adalah membantumu untuk mencari data berdasarkan kategori tertentu, lalu menarik informasi tersebut dari baris terkait.

Berikut adalah syntax dari Function HLOOKUP:

=HLOOKUP(lookup value,table array,row index num,[range_lookup])

  • LookUp Value adalah nilai yang digunakan untuk mengambil data.
  • Table Array adalah tabel yang digunakan untuk mengambil data.
  • Row Index Number adalah nomor index baris dari table array, nomor 1 dimulai dari kolom pertama, nomor 2 merupakan kolom kedua dan seterusnya.
  • Range Lookup berupa nilai True atau False. True digunakan jika baris pada table array yang memiliki nilai dari lookup value dalam keadaan terurut. False digunakan jika baris pada table array yang memiliki nilai dari lookup value tidak dalam keadaan terurut.

Rumus ini sangat berguna apabila kamu sedang mencari data berdasarkan kriteria tertentu. Jadi, jika kamu sudah paham cara menggunakan rumus HLOOKUP, kamu akan mampu untuk mencari data dalam waktu singkat.

Latihan Praktik

Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar