Laboratorium Komputer SMP

Suasana belajar di Laboratorium Komputer SMP.

Yayasan Pendidikan Gereja Methodist Indonesia

TK/SD/SMP/SMA Swasta Methodist 3 Medan

Ekskul

Kegiatan Ekskul dilaksanakan setiap hari Sabtu

Selasa, 11 April 2023

Implementasi Artificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan Sehari-hari

Artifial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) adalah teknologi kecerdasan buatan yang mampu meniru bentuk, sifat hingga cara kerja manusia. Implementasi AI telah banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Asisten Virtual

Asisten Virtual

Istilah asisten virtual mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, sebagian orang lebih mengenal dengan istilah Siri, Google Now atau Cortana. Ya, ketiganya adalah asisten virtual pada perangkat iOS, Android, dan Windows Mobile.

Google Assistant Siri Cortana
Google Assistant Siri Cortana

Seperti sebutannya, asisten virtual tersebut bertugas membantu Anda mencari informasi melalui suara Anda. Layaknya seorang atasan meminta asistennya lewat percakapan langsung. Misalnya Anda bisa mengajukan pertanyaan “Bagaimana cuaca hari ini?”. Kemudian asisten menyampaikan jawabannya melalui pesan suara secara real time.

Search Engine

Search Engine
Search Engine mungkin paling sering Anda lakukan. Bagaimana tidak, setiap Anda kebingungan akan suatu hal, pasti Anda akan mencarinya di search engine yang akan meneruskannya ke website terkait.

Kemampuan search engine menyajikan website yang relevan tidak akan bisa tanpa bantuan AI. Teknologi AI pada mesin pencari Google memiliki kemampuan predictive search. Misalnya, ketika Anda memasukkan sebuah keyword sistem tersebut akan secara otomatis merekomendasi informasi relevan yang memudahkan Anda melakukan pencarian.

Media Sosial

Media Sosial

Popularitas media sosial terus meningkat setiap tahunnya. Tapi tahukah Anda bahwa media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter juga memanfaatkan teknologi AI?

Artificial Intelligence pada media sosial berperan dalam mempersonalisasi feed penggunanya, seperti memberikan friend suggestion, mengidentifikasi dan melakukan filtering terhadap berita bohong, dan mencegah cyberbullying.

Aplikasi Musik dan Film Berbayar

Aplikasi Musik dan Film Berbayar

Apakah Anda termasuk pengguna layanan berlangganan seperti Spotify, Disney+, atau Netflix? Jika iya, berarti Anda telah menggunakan produk AI.

Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fitur khusus yang memberikan rekomendasi judul musik atau film sesuai minat atau tontonan Anda sebelumnya. Teknologi AI membuat rekomendasi tersebut berdasarkan algoritma khusus.

Aplikasi musik berbayar ini akan mendeteksi sebuah lagu dengan vokal dinamis, petikan gitar akustik pada kunci nada rendah. Setelah memutar lagu dengan karakteristik tersebut, Anda akan mendapatkan rekomendasi lagu lain dengan karakteristik serupa.

Autocorrect

Autocorrect

Autocorrect terdapat pada aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, Line atau platform lainnya. Pada platform tersebut mungkin Anda mengaktifkan tombol autocorrect yang akan memperbaiki tata bahasa Anda saat menulis pesan.

Fitur autocorrect ini memanfaatkan teknologi AI dan natural language processing.

Gmail juga menggunakan fitur tersebut pada body email untuk membenarkan kata-kata yang Anda tuliskan. Misalnya “Thank you for your response“, hanya dengan mengklik tombol satu kali. Hebatnya, Google juga menggunakan AI untuk menyortir pesan penting dan ‘sampah’. Jika dianggap pesan mengganggu maka akan dimasukkan ke folder khusus yang ditandai sebagai spam.

Chatbot

Chatbot

Chatbot merupakan kecerdasan buatan yang mampu mengenali kata atau frasa untuk memberikan jawaban sesuai dengan trigernya. Fitur ini banyak dimanfaatkan oleh bisnis memberikan solusi ke pelanggan lebih cepat.

Chatbot juga banyak bisnis manfaatkan untuk melakukan pemesanan dan pemasaran. Misalnya membagikan katalog, atau pesan blast berisi promosi. Selain itu, dengan chatbot, bisnis bisa melayani pelanggan selama 24 jam non stop.

Aplikasi Online Shop

Online Shop

Aplikasi online shop atau e-commerce juga mengimplentasikan teknologi AI. Tujuannya agar memudahkan penggunannya untuk menemukan produk sesuai minatnya.

Cara kerja contoh AI ini mengumpulkan data produk yang banyak dicari pelanggan. Kemudian data tersebut berfungsi untuk memprediksi pembelian untuk menciptakan pengalaman yang berpusat pada pelanggan.

Iklan Online

Iklan Online


Mungkin Anda pernah melihat iklan-iklan barang di situs belanja. Iklan tersebut bisa muncul berkat teknologi AI yang menganalisis produk yang Anda beli berdasarkan kata kunci yang Anda masukkan pada pencarian sebelumnya.

Game Online

Game Online

AI sudah lama diterapkan pada permainan video game. Teknologi tersebut mampu menyajikan pengalaman menantang untuk para gamer, seperti:

  • Non-Playable Characters (NPC) yang dikontrol AI akan bereaksi secara dinamis terhadap tindakan yang dilakukan player.
  • Procedural Content Generation yang ditenagai machine learning akan secara otomatis membuat game environment baru.
  • Player-experience modeling untuk melakukan balancing dinamis terhadap tingkat kesulitan gameplay berdasarkan skill si pemain.
Virtual Reality (VR)

Virtual Reality

Virtual Reality (VR) menggunakan teknologi AI untuk membuat penggunanya bisa berinterasi secara nyata dengan objek imajinasi hasil simulasi komputer. Teknologi VR ini banyak ditemukan pada industri game.

VR mampu mempersonalisasikan kebutuhan penggunanya seperti dalam film Iron Man. Dalam film tersebut, seluruh karakter dalam berinterasi menggunakan data.

Aplikasi Mobile Banking (M-Banking)

Mobile Banking
Aplikasi mobile banking juga menerapkan artificial intelligence pada sistemnya. Teknologi AI berperan memberikan peringatan saat saldonya kurang atau saat nasabah membeli barang menggunakan kartu kredit.

Tugas AI akan memberikan notifikasi untuk melakukan verifikasi terhadap pembelian. Hal ini dilakukan untuk mencegah penggunaan kartu kredit oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Aplikasi Transportasi Online

Transportasi Online

Aplikasi transportasi online seperti Gojek, Grab atau Maxim tidak asing lagi bagi Anda. Ternyata aplikasi ini memanfaatkan teknologi AI untuk memudahkan penggunaannya. Teknologi AI berperan untuk mengelola interaksi user. Misanya saat memasan layanan ojek online, Anda akan menerima notifikasi yang menunjukan posisi driver ojek hingga perkiraan waktu tunggu.

Pengertian, Sejarah, dan Implementasi Artificial Inteligence (AI)

Artificial Intelligence

Apa itu AI?

Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah kemampuan komputer atau robot yang dikendalikan oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia dengan kecerdasannya.

Saat ini, telah banyak sektor pekerjaan yang yang memanfaatkan teknologi artificial intelligence. Meski demikian, hingga saat ini belum ada teknologi artificial intelligence yang dapat melakukan atau menggantikan manusia sepenuhnya.

Sejarah AI

Sejarah AI

Istilah kecerdasan buatan diciptakan pada tahun 1956, tetapi AI telah menjadi kian populer saat ini berkat peningkatan volume data, algoritme canggih, dan peningkatan daya serta penyimpanan komputasi.

Riset AI awal pada tahun 1950-an mengeksplorasi topik-topik seperti penyelesaian masalah dan metode simbolik. Pada tahun 1960-an, Departemen Pertahanan AS menaruh minat terhadap jenis pekerjaan ini dan mulai melatih komputer-komputer untuk menirukan penalaran manusia yang mendasar. Misalnya, Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) menyelesaikan proyek pemetaan jalan pada tahun 1970-an. Dan DARPA menghasilkan asisten pribadi cerdas pada tahun 2003, jauh sebelum Siri, Alexa atau Cortana diberi nama.

Pekerjaan awal ini membuka jalan bagi otomatisasi dan penalaran formal yang kita lihat di komputer saat ini, termasuk sistem pendukung keputusan dan sistem pencarian pintar yang dapat dirancang untuk melengkapi serta meningkatkan kemampuan manusia.

Sementara film-film Hollywood dan novel fiksi ilmiah menggambarkan AI sebagai robot mirip manusia yang mengambil alih dunia, evolusi teknologi AI saat ini tidak begitu menakutkan – atau cukup pintar. Sebaliknya, AI telah berevolusi untuk memberikan banyak manfaat spesifik di setiap industri.

Mengapa AI Penting?

Artificial Intelligence (AI) mampu membuat mesin menyesuaikan dengan input baru, dan melakukan pekerjaan manusia. Contoh penggunaan AI adalah komputer yang bermain catur sampai mobil Tesla. Semua itu sangat bergantung pada deep learning (pembelajaran mendalam) dan natural language processing (pemrosesan bahasa alami). Dengan menggunakan teknologi ini, komputer dapat memproses data dan mengenali pola unutk dapat dilatih untuk menyelesaikan tugas tertentu. 

Pentingnya AI:

  • Mengotomatiskan proses pembelajaran dan penemuan melalui data. Otomatisasi AI tidak digerakan oleh perangkat keras. AI melakukan tugas komputerisasi dengan volume tinggi, andal dan tidak lelah.
  • Menambahkan kecerdasan pada produk yang sudah ada. AI meningkatkan kemampuan dari produk yang digunakan konsumen. Siri menjadi fitur pada generasi terbaru Apple. Kombinasi data dengan otomatisasi, platform percakapan, bots, dan mesin pintar dapat meningkatkan kemampuan teknologi yang digunakan manusia.
  • Algoritma beradaptasi dengan pembelajaran progresif untuk memungkinkan data melakukan pemrograman. Pada data, AI menemukan struktur dan keteraturan sehingga algoritme memperoleh keterampilan. Algoritme menjadi pengklasifikasi atau prediktor. Seperti halnya dengan komputer yang belajar bermain catur, algoritme bisa mengajarkan mengenal produk online yang layak direkomendasikan. Dan model beradaptasi saat diberi data baru. Back propagation (propagasi balik) memungkinkan penyesuaian model lewat pealtihan dan data tambahan. Terutama ketika jawaban pertama kurang tepat.
  • Menganalisis data lebih banyak dan lebih dalam dengan neural networks yang memiliki banyak lapisan tersembunyi. Membuat suatu sistem pendeteksi penipuan merupakan hal yang sulit beberapa tahun ynag lalu. Dengan kekuatan komputer dan big data yang luar biasa, semuanya berubah. Pengguna butuh banyak data untuk melatih model deep learning karena dari sana proses belajar berlangsung. Makin banyak data yang diperoleh, hasilnya semakin akurat.
  • Mencapai akurasi luar biasa melalui deep neural network yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan. Semua penggunaan perangkat pintar, seperti smarthome alexa dan lainnya semuanya didasarkan pada deep learning. Makin lama pengunaan maka hasilnya semakin akurat. Di bidang medis, klasifikasi gambar dan pengenalan objek digunakan untuk menemukan kanker pada MRI dengan akurasi setara ahli radiologi berpengalaman.
  • Memanfaatkan data secara maksimal. Ketika algoritme belajar sendiri, data sudah jadi kekayaan intelektual. Pengguna hanya perlu menerapkan AI untuk mengeluarkannya. Saat ini, peran data sangat penting untuk menciptakan keunggulan kompetitif. Jika pengguna memiliki data terbaik pada industri kompetitif, data terbaik akan menang.
Implementasi AI Di Indonesia

Implementasi Artificial Intelligence

AI atau Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) adalah teknologi yang memungkinkan komputer untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia, seperti mengambil keputusan, belajar, dan mengolah informasi. Di Indonesia, penggunaan Artificial Intelligence (AI) mulai dikenal dan dipraktikkan di berbagai industri, berikut adalah beberapa contoh penggunaannya:
  • Institusi Keuangan & Perbankan: Beberapa bank di Indonesia sudah menerapkan sistem chatbot yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan pelanggan secara otomatis melalui messaging platform seperti WhatsApp, Facebook Messenger, dan lainnya. Chatbot ini menggunakan teknologi Natural Language Processing untuk dapat memahami dan menangani permintaan pelanggan dengan lebih baik. Chatbot mampu untuk mengenali pertanyaan yang diajukan pelanggan, mencari jawaban yang sesuai, dan memberikan jawaban kepada pelanggan. Dengan adanya chatbot ini, pelanggan dapat mendapatkan informasi yang diinginkan tanpa harus menunggu lama dan tidak perlu bertemu langsung dengan customer service.
  • Pendidikan: AI telah digunakan dalam sistem pembelajaran online di Indonesia, seperti edX dan Coursera. Platform-platform ini menyediakan kursus-kursus yang dapat diakses secara online dan diajarkan oleh guru-guru terkemuka di berbagai bidang. AI juga digunakan dalam sistem pembelajaran otomatis yang membantu siswa belajar lebih efisien dengan menyesuaikan kecepatan belajar mereka dan memberikan umpan balik yang tepat.
  • Kesehatan: AI telah digunakan dalam bidang kesehatan di Indonesia untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Misalnya, beberapa rumah sakit telah menggunakan sistem pembelajaran mesin (machine learning) untuk memprediksi kemungkinan terjadinya kejadian-kejadian klinis tertentu dan memberikan peringatan kepada dokter-dokter sehingga mereka dapat menangani masalah sebelum terlambat. AI juga dapat membantu para dokter dan pasien mendapatkan hasil konsultasi ataupun tindakan medis berupa speech-to-text yang mempermudah pembuatan transkripsi percakapan.
  • Keamanan: AI juga telah digunakan dalam bidang keamanan di Indonesia, misalnya untuk membantu mengidentifikasi kejahatan dan memberikan respon yang tepat. Misalnya, beberapa kepolisian telah menggunakan sistem pengenalan wajah untuk mengidentifikasi pelaku kejahatan dan memberikan peringatan kepada petugas keamanan.
  • Transportasi: AI juga telah digunakan dalam bidang transportasi di Indonesia, seperti sistem navigasi lalu lintas yang membantu mengalirkan lalu lintas dengan lebih efisien dan mengurangi kemacetan. Selain itu juga sebagai sistem informasi berupa suara (Text-to-Speech) pada transportasi umum untuk membantu para disabilitas AI juga telah digunakan dalam sistem pengiriman barang, seperti menggunakan drone atau robot untuk mengantarkan barang ke tujuan.
Teknologi AI Buatan Indonesia

Snapcart

Snapcart

Didirikan pada tahun 2015, Snapcart merupakan startup Indonesia yang menciptakan aplikasi pemberian cashback kepada pembeli hanya dengan memindai struk atau kuitansi. Meskipun tampak remeh, kegiatan ini memungkinkan perusahaan mengumpulkan data pembelian dalam jumlah besar untuk dianalisis kemudian ditawarkan pada perusahaan besar, seperti Unilever, Johnson & Johnson, Nestle, dan P&G.

Data tersebut dapat digunakan perusahaan untuk mengetahui pergerakan harga ritel, market share suatu produk atau merek, dan performa pricing. Dengan informasi tersebut, perusahaan dapat memenangkan persaingan di dunia bisnis yang makin sengit. Sejauh ini, selain di Indonesia, Snapcart juga beroperasi di Singapura, Filipina, dan Brazil.

Kata.ai

Kata.ai

Didirikan pada tahun 2015, Kata.ai merupakan startup yang membangun platform percakapan AI nomor satu di Indonesia sehingga memudahkan siapa saja untuk membuat bot. Mulanya hanya berfokus pada pengembangan chatbot, tetapi kini Kata.ai menyediakan conversational Artificial Intelligence terintegrasi yang dilengkapi fitur integrasi chatbox dengan Customer Service (CS), pengelolaan percakapan, kampanye pemasaran, hingga pengembangan asisten virtual perusahaan maupun berbasis audio.

Penerapan teknologi AI tidak hanya efektif meningkatkan efisiensi, melainkan juga produktivitas, inklusi, dan pendapatan perusahaan. Tak heran jika mitra Kata.ai telah mencapai lebih dari seratus perusahaan yang didominasi pebisnis UMKM, startup, dan korporasi.

BJTech

BJTech

Menyadari bahwa chatting menjadi bagian penting yang tak terpisahkan dalam kegiatan bisnis, BJTech hadir untuk memudahkan komunikasi antara penjual dan pembeli. Didirikan pada tahun 2015, BJTech mengembangkan platform yang memudahkan pengguna membuat chatbot untuk keperluan bisnis. Produk pertama BJTech adalah teman virtual dan aplikasi perbankan yang cerdas. Dengan aplikasi tersebut, penjual tak perlu repot membalas chat pembeli. Pembeli juga akan puas karena keluhan dan pertanyaannya dapat terjawab.

Selain chatbot, BJTech juga menyediakan layanan mini website yang dapat digunakan penjual untuk menampilkan produknya. Menariknya, layanan ini memudahkan pembeli melihat produk yang ditawarkan secara detail tanpa harus keluar dari layar chatting. Inilah salah satu alasan BJTech memiliki banyak klien perusahaan besar, termasuk Skyscanner, Uber, dan Zomato.

Sonar

Sonar

Sonar merupakan startup rintisan Telkom Indonesia melalui program Inkubator Indigo Creative Nation. Didirikan oleh Amien Krisna, Sonar terbilang sukses dan populer. Terbukti dari banyaknya klien Sonar dari perusahaan besar ternama yang membutuhkan layanan pemantauan media digital. Dengan layanan yang ditawarkan Sonar, perusahaan akan lebih mudah mengelola bisnis, memantau media sosial, dan mengukur sentimen konsumen. Tak hanya itu saja, perusahaan juga bisa mendapatkan hasil riset pasar secara otonom dalam waktu relatif singkat.

Nodeflux

Nodeflux

Didirikan pada 2016, Nodeflux merupakan perusahaan yang bergerak di bidang video analitik dan AI. Perusahaan yang menggunakan metode deep learning dan machine learning ini didukung oleh Telkom Indonesia dan mendapatkan dana dari East Venture. Nodeflux yang bermitra dengan NVIDIA ini menawarkan layanan analitik video untuk memantau kamera CCTV. Tak hanya itu saja, Nodeflux juga menyediakan layanan pengenalan wajah yang terintegrasi dengan data kependudukan, pemantauan banjir, pembacaan plat nomor kendaraan, dan deteksi sampah.


Senin, 03 April 2023

Microsoft Excel - Function HLookUp

Function HLookUp

Function HLOOKUP adalah rumus Excel yang memungkinkan kamu untuk menemukan data secara horizontal pada suatu tabel. Caranya dengan mencari nilai tertentu pada baris atas tabel, dan kemudian mengambil nilai yang cocok dengan kriteria yang kamu pasang.

Dengan kata lain, Function HLOOKUP adalah membantumu untuk mencari data berdasarkan kategori tertentu, lalu menarik informasi tersebut dari baris terkait.

Berikut adalah syntax dari Function HLOOKUP:

=HLOOKUP(lookup value,table array,row index num,[range_lookup])

  • LookUp Value adalah nilai yang digunakan untuk mengambil data.
  • Table Array adalah tabel yang digunakan untuk mengambil data.
  • Row Index Number adalah nomor index baris dari table array, nomor 1 dimulai dari kolom pertama, nomor 2 merupakan kolom kedua dan seterusnya.
  • Range Lookup berupa nilai True atau False. True digunakan jika baris pada table array yang memiliki nilai dari lookup value dalam keadaan terurut. False digunakan jika baris pada table array yang memiliki nilai dari lookup value tidak dalam keadaan terurut.

Rumus ini sangat berguna apabila kamu sedang mencari data berdasarkan kriteria tertentu. Jadi, jika kamu sudah paham cara menggunakan rumus HLOOKUP, kamu akan mampu untuk mencari data dalam waktu singkat.

Latihan Praktik

Minggu, 02 April 2023

Microsoft Word - Page Border

Page Border

Page Border adalah fitur yang digunakan untuk memberikan bingkai (border) pada halaman kerja Microsoft Word. Page borders digunakan untuk membuat dokumen atau berkas kita dapat terlihat lebih cantik dan semakin enak dibaca.

Untuk membuat Page Border maka masuk ke Menu Home, lalu pilih Border kemudian pilih Page Border.

Borders and Shading


Page Border

Page Border
Page Border dapat berupa garis ataupun gambar. Untuk Page Border berupa garis memiliki setting seperti pada Border yaitu None, Box, Shadow, 3-D, Custom. Untuk Page Border berupa gambar maka kita dapat memilih pada bagian Art lalu mengatur ukuran gambar pada bagian Width.

Contoh Page Border Box:

Page Border Box

Contoh Page Border Shadow:

Page Border Shadow

Contoh Page Border 3-D:

Page Border 3-D

Contoh Page Border Custom:

Page Border Custom

Contoh Page Border Art:

Page Border Art

Page Border dapat diterapkan pada:

Page Border Apply To


Supaya Page Border dapat diterapkan pada section maka kita harus membagi suatu dokumen menjadi beberapa section. Section memungkinkan kita untuk menerapkan format yang berbeda untuk setiap bagian tersebut. Cara membuat section pada dokumen adalah masuk ke menu Layout, lalu pilih Break, kemudian Section Breaks, dan terakhir pilih Next Page. Jadi kita membentuk section pada halaman baru.

Section Breaks

Latihan Praktik