Kamis, 16 Maret 2023

Microsoft PowerPoint - Hyperlink

Hyperlink

Hyperlink adalah suatu cara dalam menghubungkan bagian tertentu dengan bagian lainnya. Hyperlink bisa dilakukan secara offline maupun online. Anda dapat menggunakan hyperlink untuk menghubungkan teks dengan teks, gambar, ikon, hingga video.

Hyperlink adalah jalan pintas atau shortcut yang memudahkan mobilitas Anda dalam mengeksplorasi informasi. Tanda sebuah teks menggunakan hyperlink adalah format warna biru terang dengan underline pada kata yang disisipkan link. Secara otomatis, kursor kita akan bisa membaca teks hyperlink tersebut karena akan aktif saat kita melakukan klik pada teks.

Fungsi hyperlink:

  • Menghubungkan antar dokumen atau file.
  • Memudahkan visitor atau pengunjung.
  • Memudahkan dalam pencarian informasi.
Menghubungkan Antar Dokumen atau File

Hyperlink bisa digunakan dalam sebuah pemrograman di komputer. Fungsinya agar saat presentasi atau membuat dokumen, bisa dengan mudah menghubungkannya dengan dokumen lain. 

Memudahkan Visitor atau Pengunjung

Hyperlink juga memudahkan pengunjung web untuk bisa melihat tulisan, video, gambar atau lainnya dalam sebuah tampilan situs yang sama. Pengunjung tidak perlu mencarinya secara manual, karena bisa langsung membuka link tersebut.

Memudahkan Dalam Pencarian Informasi

Hyperlink amemudahkan manusia dalam mencari informasi. Misalnya dengan membagikan link ke orang lain, sehingga orang tersebut juga bisa membaca atau membukanya.

Jenis-jenis hyperlink:
  1. Absolute address.
  2. Relative address.
  3. Link to section.
Absolute Address

Penulisan hyperlink ini dilakukan dengan menuliskan alamat dokumen atau halamannya yang disertai alamat situsnya. Hyperlink ini harus dituliskan dengan menggunakan jaringan internet. Karena absolute address berarti membuat pintasan atau shortcut baru dari alamat situs tertentu. Biasanya hyperlink jenis ini mudah ditemukan pada situs web yang mencantumkan link pada dokumen atau tulisannya.


Relative Address

Penulisan hyperlink ini dilakukan dengan mencantumkan nama file dan path nya saja. Saat menuliskannya tidak membutuhkan sinyal atau jaringan internet. Relative address sering digunakan dalam sebuah blog atau web.


Link to Section

Link section adalah jenis yang paling banyak digunakan. Link ini digunakan untuk memberikan tautan pada bagian dari suatu dokumen.


Latihan Praktik

Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar