Minggu, 26 Maret 2023

Microsoft Excel - Function VLookUp

Function VLookUp

Function VLookUp dipakai untuk mencari data di kolom pertama pada sebuah tabel data Excel. Pengambilan nilainya dari sel mana saja di baris yang sama di tabel data yang ada di Excel tersebut. Dengan menggunakan rumus Excel ini, kita bisa mengisi data di sebuah tabel sesuai dengan tabel referensi lainnya dengan memakai sebuah nilai kunci secara khusus dan lebih spesifik.

Awalan huruf "V" didepan kata Vlookup merupakan singkatan dari kata Vertical. Istilah vertikal ini merujuk pada bentuk tabel referensi yang digunakan, dimana header atau judul tabel terletak dibagian atas dan field datanya tersusun kebawah secara vertikal.

Contoh tabel vertikal:
Tabel Vertikal

Syntax function VLookUp:
=VLookup(LookUp Value,Table Array,Column Index Number,[Range LookUp])
  • LookUp Value adalah nilai yang digunakan untuk mengambil data.
  • Table Array adalah tabel yang digunakan untuk mengambil data.
  • Column Index Number adalah nomor index kolom dari table array, nomor 1 dimulai dari kolom pertama, nomor 2 merupakan kolom kedua dan seterusnya.
  • Range Lookup berupa nilai True atau False. True digunakan jika kolom pada table array yang memiliki nilai dari lookup value dalam keadaan terurut. False digunakan jika kolom pada table array yang memiliki nilai dari lookup value tidak dalam keadaan terurut.
Latihan Praktik

Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar