Laboratorium Komputer SMP

Suasana belajar di Laboratorium Komputer SMP.

Yayasan Pendidikan Gereja Methodist Indonesia

TK/SD/SMP/SMA Swasta Methodist 3 Medan

Ekskul

Kegiatan Ekskul dilaksanakan setiap hari Sabtu

Jumat, 31 Maret 2023

Microsoft PowerPoint - Slide Show

Slide Show

Presentasi yang telah dirancang tentunya harus dipresentasikan. Untuk mempresentasikan slide yang telah dirancang maka dapat diatur pada menu Slide Show.

Untuk menjalankan presentasi dari slide pertama maka gunakan From Beginning.

Slide Show, From Beginning

Untuk menjalankan presentasi dari slide yang sedang aktif maka gunakan From Current Slide.

Slide Show, From Current Slide

Custom Slide Show adalah fitur yang digunakan untuk menjalankan presentasi berdasarkan setingan yang kita pilih. Apabila dalam presentasi yang kita buat memiliki 10 slide dan kita ingin menjakankan presentasi untuk slide ke-3, 4, dan 7 maka kita dapat mengaturnya pada custom slide show.

Cara mengatur custom slide show adalah masuk ke Menu Slide Show lalu pilih Custom Slide Show dan pilih Custom Show.

Custom Slide Show

Set Up Show digunakan untuk pengaturan slide-slide yang akan dipresentasikan.

Slide Show, Set Up Show

Bentuk presented by a speaker (full screen):


Bentuk browsed by an individual (window):


Bentuk browsed at a kiosk (full screen):

Hide Slide digunakan untuk menyembunyikan slide supaya tidak ditampilkan dalam menjalankan presentasi.

Slide Show, Hide Slide

Reharse Timing digunakan untuk memberikan lamanya waktu bagi tiap slide untuk tampil sewaktu presentasi dijalankan.

Slide Show, Reharse Timing

Untuk menghapus timing yang sudah dibuat melalui Reharse Timing maka gunakan Record, lalu pilih Clear, kemudian pilih:

  • Clear Timing on Current Slide untuk menghapus timing pada slide yang sedang aktif.
  • Clear Timing on All Slide untuk menghapus timing pada semua slide.
Slide Show, Record, Clear

Hal-hal yang dapat dilakukan pada saat presentasi sedang berjalan:

Drawing Tools

  • Laser Pointer sebagai pointer pada saat melakukan presentasi.
  • Pen digunakan untuk menulis pada saat melakukan presentasi.
  • Highlighter digunakan untuk menulis dalam bentuk stabilo pada saat melakukan presentasi.
  • Eraser digunakan untuk menghapus suatu tulisan pada saat melakukan presentasi.
  • Erase All Ink on Slide digunakan untuk menghapus semua tulisan pada saat melakukan presentasi.
See All Slides

See All Slides: Thumbnail

  • See All Slides digunakan untuk menampilkan keseluruhan slide dalam bentuk thumbnail.
Zoom


Zoom
  • Zoom digunakan untuk memperbesar bagian tertentu pada saat melakukan presentasi.
Presentation Tools

Slide Option
  • Slide Option dapat dimunculkan dengan cara klik kanan di manapun ketika presentasi sedang berlangsung.
Latihan Praktik

Senin, 27 Maret 2023

Cyberbullying

Cyber Bullying

Yuk simak video berikut

Apa itu Cyberbullying?

Cyberbullying adalah penggunaan teknologi untuk melecehkan, mengancam, mempermalukan, atau menargetkan orang lain. Ancaman online dan teks, tweet, posting, atau pesan yang kejam, agresif, atau kasar semuanya ditujukan secara khusus dan mungkin berulang. 

Begitu juga dengan memposting informasi pribadi, gambar, atau video yang dirancang untuk menyakiti atau mempermalukan orang lain.

Penindasan dunia maya juga mencakup foto, pesan, atau halaman yang tidak dapat dihapus, bahkan setelah orang tersebut diminta untuk melakukannya. Dengan kata lain, itu adalah segala sesuatu yang diposkan secara online dan dimaksudkan untuk menyakiti, melecehkan, atau membuat orang lain kesal.

Intimidasi atau komentar kasar yang berfokus pada hal-hal seperti jenis kelamin, agama, orientasi seksual, ras, atau perbedaan fisik seseorang dianggap sebagai diskriminasi.

Cyberbullying di Indonesia


Contoh Cyberbullying:

  • Menyebarkan kebohongan tentang seseorang atau memposting foto memalukan tentang seseorang di media sosial
  • Mengirim pesan atau ancaman yang menyakitkan melalui platform chatting, menuliskan kata-kata menyakitkan pada kolom komentar media sosial, atau memposting sesuatu yang memalukan/menyakitkan
  • Meniru atau mengatasnamakan seseorang (misalnya dengan akun palsu atau masuk melalui akun seseorang) dan mengirim pesan jahat kepada orang lain atas nama mereka.
  • Trolling - pengiriman pesan yang mengancam atau menjengkelkan di jejaring sosial, ruang obrolan, atau game online
  • Mengucilkan, mengecualikan, anak-anak dari game online, aktivitas, atau grup pertemanan
  • Menyiapkan/membuat situs atau grup (group chat, room chat) yang berisi kebencian tentang seseorang atau dengan tujuan untuk menebar kebencian terhadap seseorang
  • Menghasut anak-anak atau remaja lainnya untuk mempermalukan seseorang
  • Memberikan suara untuk atau menentang seseorang dalam jajak pendapat yang melecehkan
  • Membuat akun palsu, membajak, atau mencuri identitas online untuk mempermalukan seseorang atau menyebabkan masalah dalam menggunakan nama mereka
  • Memaksa anak-anak agar mengirimkan gambar sensual atau terlibat dalam percakapan seksual.
Bentuk-bentuk Cyberbullying:
  • Exclusion (Pengucilan) merupakan perilaku yang dengan sengaja mengabaikan atau bahkan memojokkan seseorang dalam sebuah kelompok/forum diskusi online. Apakah kamu pernah dengan sengaja tidak membalas pertanyaan temanmu di grup kelas? Sebenarnya, kamu telah melakukan exclusion alias pengabaian secara sengaja. Meskipun terlihat sepele, hal ini tetap tidak baik dilakukan. Karena korban dapat merasa tidak diinginkan dan merasa sendiri.
  • Harassment (Pelecehan) merupakan tindak lanjut dari flaming dimana pemberian gangguan-gangguan melalui berbagai macam jejaring sosial yang dilakukan secara terus menerus bahkan dalam jangka panjang. Cyber harassment contohnya adalah mengirim pesan menyakitkan atau ancaman, menyebarkan konten yang tidak senonoh, body shaming dan sebagainya.
  • Outing adalah penyebaran aib atau informasi yang pribadi tanpa persetujuan pemilik kepada orang lain seperti foto, video, apapun yang sebenarnya merupakan rahasia.
  • Cyberstalking (Penguntitan di Media Sosial) merupakan perilaku dimana pelaku menguntit atau men-stalking seseorang (korban) di media online hingga melakukan pengiriman pesan secara berulang bahkan disertai ancaman atau pengintimidasian. Pelaku akan menguntit dan menghantui korban setiap saat. Terkadang, ancaman yang diberikan juga mulai merambah ke dunia nyata, secara fisik dan dilakukan tidak melalui daring. Dampaknya tentu sangat serius, terutama pada mental korban.
  • Fraping adalah mencuri masuk ke akun seseorang dengan tujuan memposting sesuatu yang buruk.
  • Impersonation (Peniruan) merupakan perilaku berpura-pura menjadi orang lain dan mengirimkan pesan-pesan atau status yang tidak baik. Seperti kita tahu, di internet ada banyak sekali akun palsu atau fake account. Tujuan mereka membuat akun palsu ini beragam dan yang perlu diwaspadai adalah motif tindakan kriminal. Seringkali akun palsu ini digunakan untuk melakukan kejahatan penyamaran. Pelaku akan membuat e-mail palsu, mencuri foto dan identitas seseorang dan memanfaatkannya. Impresonation bisa diartikan sebagai berpura-pura menjadi orang lain dan mengirimkan pesan-pesan atau status yang tidak baik bukan dengan atas nama dirinya (pelaku). Jadi ketika berkenalan dengan seseorang lewat media sosial, pastikan kebenarannya dulu ya!
  • Dissing (Fitnah atau Pencemaran Nama Baik) merupakan perilaku mengumbar keburukan atau memfitnah seseorang dengan tujuan untuk merusak citra dan reputasi orang lain yang dilakukan tidak sesuai dengan fakta dan kebenarannya. Berhati-hatilah untuk menyangkutpautkan seseorang terhadap sesuatu hal, terlebih jika itu merupakan hal buruk dan belum ada bukti yang valid. Karena ketika informasi yang diberikan tidak sesuai dengan kenyataan, maka itu akan merugikan bagi orang yang mendapatkan tuduhan.
  • Trickey adalah cara pelaku mendapatkan informasi tersebut. Misalnya dengan cara menjadi teman yang bisa dipercaya. Tanpa sadar karena telah mempercayainya, kita jadi berbagi informasi yang cukup pribadi dengannya. 
  • Trolling adalah memposting sesuatu dengan tujuan menghasut sehingga menyulut emosi pembaca.
  • Catfishing adalah penipuan yang dilakukan terhadap seseorang dalam konteks hubungan romantis. 
Contoh Cyberbullying

Elemen Cyberbullying:
  • Pelaku (cyberbullies)
  • Korban (victims)
  • Saksi (bystander)
Cyberbullies memiliki kepribadian yang dominan dan dengan mudah dan menyukai melakukan kekerasan. Cenderung lebih cepat temperamental, impulsive dan mudah frustrasi dengan keadaan yang sedang dialaminya. Lebih sering melakukan kekerasan terhadap orang lain dan sikap agresif kepada orang dewasa dibandingkan dengan anak lainya. Sulit dalam menaati peraturan. Terlihat kuat dan menunjukkan rendahnya rasa empati pada orang yang dia bully. Pandai memanipulasi dan berkelit pada situasi sulit yang di hadapi. Sering terlibat dalam agresi proaktif, agresi yang disengaja untuk tujuan tertentu dan agresi reaktif, reaksi defensif ketika di-provokasi.

Victims biasanya berbeda dalam pendidikan, ras, berat badan, cacat, agama dan mereka yang cenderung sensitif, pasif, dianggap lemah dan biasanya mereka yang jarang bergaul atau keluar rumah. Karakteristik remaja yang menjadi target atau korban cyberbullying adalah sensitif, menarik diri dari lingkungan sosial, pasif, mengalami masalah dengan keterbelakangan mental, sering membiarkan orang lain mengendalikan dirinya, dan cenderung depresi. Dalam beberapa penelitian korban cyberbullying cenderung memiliki self-esteem yang lebih rendah dibandingkan teman sebayanya. Hal tersebut yang membuat dirinya mengalami kecemasan sosial dan cenderung menghindari kontak sosial.

Bystander adalah  seseorang yang menyaksikan penyerangan perilaku bully pada korbannya. Saksi peristiwa dapat dengan bergabung dalam web dan meninggalkan komentar yang menyakitkan, atau tanpa melakukan apapun kecuali, mengamati perilaku bullying. Bystander terbagi menjadi dua, yaitu:
  • Harmful bystander, pengamat yang mendukung peristiwa bullying atau terus mengamati kejadian tersebut dan tidak memberi bantuan apapun kepada korban.
  • Helpful bystander, pengamat yang berusaha menghentikan bullying dengan cara memberikan dukungan kepada korban atau memberi tahu orang yang lebih mempunyai otoritas.
Platform Digital Sarana Cyberbullying

Platform Digital Sarana Cyberbullying



Karakteristik Cyberbullying:
  • Cyberbullying yang dilakukan berulang-ulang. Cyberbullying biasanya tidak hanya terjadi satu kali, tapi dilakukan berulang kali, kecuali jika itu adalah ancaman pembunuhan atau ancaman serius terhadap hidup seseorang. 
  • Menyiksa secara psikologis. Cyberbullying menimbulkan penyiksaan secara psikologis bagi korbannya. Korban biasanya mendapat perlakuan seperti difitnah/digosipkan, penyebaran foto dan video korban dengan tujuan mempermalukan korban.
  • Cyberbullying dilakukan dengan tujuan. Cyberbullying dilakukan karena pelaku memiliki tujuan, seperti untuk mempermalukan korban, balas dendam, mengatasi stress dari konflik yang sedang terjadi., dan hanya untuk bersenang-senang. 
  • Terjadi di dunia maya. Cyberbullying dilakukan dengan menggunakan sarana Teknologi Informasi, seperti jejaring sosial dan pesan teks.
Ciri-ciri Korban Cyberbullying

Korban cyberbullying cenderung pasrah ketika mendapat gangguan dari pelaku. Mereka menahan perasaan yang muncul yang menyebabkan harga diri rendah. Gangguan perasaan seperti takut, cemas, sedih dan marah muncul dan mengganggu aktivitas mereka. Gangguan-gangguan tersebut merupakan bentuk-bentuk ketidaktegasan baik terhadap diri sendiri maupun terhadap perilaku orang lain. Korban yang mengalami cyberbullying biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Tampak enggan saat harus menggunakan komputer atau alat teknologi yang lain. 
  • Menarik diri dari keluarga atau teman-temannya. 
  • Tidak ingin pergi ke sekolah atau kegiatan sosial lainnya. 
  • Segera menghindar apabila membahas tentang penggunaan alat teknologi. 
  • Menunjukkan emosi negatif (sedih, marah, frustrasi dan khawatir).
  • Prestasi belajar menurun. 
  • Kurang tidur serta nafsu makan berkurang.

Penyebab Cyberbullying:
  • Kurangnya empati.
  • Tidak takut tertangkap.
  • Tidak melihat reaksi korban.
  • Ingin mendapatkan perhatian.
Dampak Cyberbullying:
  • Secara Mental — merasa kesal, malu, bodoh, bahkan marah.
  • Secara Emosional — merasa malu atau kehilangan minat pada hal-hal yang kamu sukai.
  • Secara Fisik — lelah (kurang tidur), atau mengalami gejala seperti sakit perut dan sakit kepala.
Menghentikan Cyberbullying:
  • Mengaktifkan pengaturan saring komentar untuk menyaring komentar bernada menyinggung, ujaran kebencian, rasisme, dan pelecehan seksual di unggahan pengguna.
  • Mengaktifkan fitur restrict atau batasi untuk membatasi interaksi negatif tanpa harus diketahui oleh seseorang.
  • Setting social media akun dengan private account.
  • Ingat apa pun yang kamu posting dapat dibagikan.
  • Kenali akun palsu.
  • Bersihkan kontak pertemanan kamu di social media.
  • Blokir siapa saja yang mengganggu kamu.
  • Lindungi identitas kamu.
Hukuman untuk cyberbullying

Menurut UU No. 11 Tahun 2008, pelaku perundungan scara siber dapat dipindana penjara paling lama 6 tahun atau denda maksimal 6 miliar Rupiah.”

Laporakan Cyberbullying

Laporkan Cyberbullying

Perundungan

Perundungan

Yuk simak video di bawah ini dulu ya.

Apa sih itu perundungan?

Perundungan atau bullying adalah perilaku tidak  menyenangkan baik secara verbal, fisik, ataupun  sosial di dunia nyata maupun dunia maya yang  membuat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati  dan tertekan baik dilakukan oleh perorangan ataupun  kelompok.

Perundungan dianggap telah terjadi bila seseorang  merasa tidak nyaman dan sakit hati atas perbuatan  orang lain padanya. Perundungan bisa diibaratkan sebagai benih dari  banyak kekerasan lain, misalnya: tawuran, intimidasi,  pengeroyokan, pembunuhan, dan lain-lain.

Sebagai benih kekerasan, bila perundungan bisa  ditekan, maka kekerasan yang lebih parah akan bisa  dicegah.

Apa sajakah bentuk-bentuk perundungan?

Jenis Perundungan

Kapan dan di mana bisa terjadi perundungan?

Kapan dan di mana terjadi perundungan?

Bagaimana sih dampak perundungan?

Dampak Akademis Perundungan

Dampak Sosial Perundungan

Dampak Fisik Perundungan

Dampak Emosi Perundungan

Apakah aku seorang perundung?

Tes Pelaku Perundungan
Jika kamu menjawab ya untuk sebagian besar pertanyaan  itu, mungkin saja kamu termasuk perundung.

Bagaimana cara berhenti menjadi perundung?
  • Meminta maaf kepada orang yang sudah kita rundung.  Jika kamu malu meminta maaf secara langsung kamu bisa  melakukannya lewat telfon, surat atau media komunikasi  lainnya.
  • Bersabarlah ketika kamu tidak langsung dimaafkan atau teman  yang kamu rundung akan mengabaikanmu karena semuanya  membutuhkan proses.
  • Lakukan kerja sosial
  • Temukan kegiatan atau bergabung di klub yang sesuai  dengan minatmu.
  • Kamu dapat bercerita pada seseorang yang kamu percaya  untuk meringankan bebanmu dan menolongmu bebas dari  perilaku merundung.
  • Terima konsekuensi dari sekolah, teman atau lingkungan  karena perilaku merundung yang kamu lakukan.
  • Belajarlah untuk saling menghormati dalam berinteraksi  dengan teman dan lingkungan.
Mengapa seseorang menjadi perundung?
  • Adanya dorongan kuat untuk menunjukkan  kekuatan/kekuasaan agar dianggap  pemberani/ hebat atau sebagai jagoan.
  • Pernah menjadi korban perundungan yang  membuatnya marah dan sakit hati sehingga  memiliki dorongan kuat untuk membalas.
  • Merasa iri hati atas kepopuleran, kelebihan  dan kekayaan orang lain.
  • Mengikuti temannya.
Siapakah yang cenderung menjadi korban perundungan?
  • Orang yang dianggap berbeda oleh lingkungan sekitar,  misalnya: tidak mampu secara akademis, canggung, salah kostum,  kurang gaul, pendiam, tidak berdaya, aksen bicara berbeda,  tidak/lebih cantik/ganteng, dari keluarga berada atau tidak.
  • Orang yang dianggap menyebalkan dan menantang pembuli,  tapi tak mampu membela diri.
  • Orang yang dianggap sering ‘ngocol’ ke pelaku perundungan.
Apa yang harus dilakukan jika mengalami perundungan?
  • Tetaplah bersikap tenang, misalnya  dengan ambil nafas dalam-dalam  selama 1 menit kemudian hembuskan  keluar.
  • Sembunyikan kemarahan atau  kesedihanmu di depan perundung.
  • Berdiri tegak, angkat kepalamu,  pandang pelaku dengan tegas,  hadapi pelaku dengan tenang atau  tinggalkan perundung.
  • Tanyakan permasalahan atau tolak  permintaan pelaku dengan sopan.
  • Segera menyingkir bila kamu dalam  bahaya.
  • Cari bantuan untuk menghentikan perilaku  perundungan yang kamu alami.
  • Blok akun media sosial pembully bila  kamu mengalami perundungan siber dan  ubah pin akun media sosial kamu.
  • Simpan perilaku perundungan yang  kamu terima sebagai barang bukti.
  • Ceritakan atau laporkan perilaku  perundungan yang kamu terima.
  • Hindari bersikap mendendam dan  membalas perilaku perundungan yang  kamu terima.
Respon dalam menghadapi perundungan.

Respon Menghadapi Perundungan

Respon Menghadapi Perundungan

Mengapa korban perundungan jarang melapor?
  • Seringkali korban tak melapor, karena takut menghadapi risiko bila ia  akan semakin diintimidasi oleh pelaku.
  • Korban terbenam dalam emosi negatif seperti takut, sedih, kecewa  atau marah dan sakit hati, sehingga ia tak mampu berpikir untuk  menghubungi orang lain untuk membantunya.
  • Ia ragu bahwa orang yang dilaporinya akan mampu menolongnya, Ia  khawatir orang tersebut justru akan menyalahkannya dan semakin  memperburuk deritanya.
Jangan menjadi penonton

Penonton yaitu melihat perundungan, namun tidak  melakukan apa-apa (bystanders). Mengapa menjadi bystanders?
  • Takut menghadapi konsekuensi  diperlakukan sama oleh pelaku.
  • Tidak tahu harus berbuat apa, atau  kemana harus melaporkan kejadian yang  dilihatnya.
Ayo menjadi upstanders.

Upstanders adalah melakukan tindakan berempati ketika melihat perilaku perundungan  untuk mengurangi derita korban perundungan. Contoh:
  • Hindari ikut menjadi perundung atau ikut menertawakan perilaku perundungan yang  dilakukan temanmu.
  • Jangan menonton perilaku perundungan karena terkadang perundung melakukannya  untuk menarik perhatian teman.
  • Katakan pada perundung untuk menghentikan perilaku mereka (hanya jika kamu  merasa aman melakukan tindakan ini).
  • Berteriak atau cari bantuan dari orang yang lebih dewasa untuk menghentikan  perilaku perundungan.
  • Gunakan telepon genggam untuk meminta bantuan (menelpon, merekam perilaku  perundungan, atau berkirim pesan).
  • Tidak menyebarluaskan video, text, atau gambar perundungan.
  • Dukung korban perundungan.
  • Ajak teman kamu untuk melakukan hal yang sama.
Bagaimana cara menghentikan perundungan?
  • Dekati dan tanyakan kondisi temanmu.
  • Tawarkan apa yang dia  butuhkan, untuk  membuatnya nyaman misalnya air minum, tissue,  atau pergi ke tempat yang tenang.
  • Tanyakan apa yang dapat kamu bantu
  • Minta dia bercerita untuk meringankan bebannya
  • Dengarkan ceritanya, jangan menyela atau  memotong, jangan menghakimi.
  • Dukung dan antarkan temanmu  untuk menceritakan perilaku  bully yang telah ia terima pada  orang tua, guru atau pihak lain.
  • Jangan membocorkan  perilaku perundungan yang ia  terima pada pihak yang tidak  berkepentingan.
  • Ajak temanmu untuk  melakukan aktivitas positif  yang menyenangkan dan  bermanfaat.
Bagaimana melindungi diri dari perundungan?
  • Dekat dengan  seluruh anggota  keluarga.
  • Terbuka dengan  orang tua dan  saudara lainnya  tentang kejadian-  kejadian di  sekitarmu, serta di  dunia maya.
  • Beraktivitas bersama anggota keluarga secara rutin, misalnya: makan malam  bersama, jalan-jalan di akhir pekan, membereskan rumah bersama, masak  bersama, dan lain-lain.
  • Berteman dengan anak-anak lain yang memiliki kesadaran untuk berprestasi dan  punya kewaspadaan untuk melindungi diri.
  • Mengeluarkan orang-orang yang cenderung negatif dari akun media sosial, untuk  menghindari perundungan siber.
  • Menjalin komunikasi dengan guru dan teman, serta berbagi cerita tentang  kejadian-kejadian yang kamu alami.
Bagaimana sanksi atas perilaku perundungan?

Sesuai dengan Permendikbud Nomor 82 tahun 2015, pelaku perundungan  dapat diberikan sanksi berupa:
  • teguran lisan, tertulis atau sanksi lain bersifat edukatif kepada peserta didik.
  • teguran lisan, tertulis, pengurangan hak,  pemberhentian dari jabatan sebagai guru  dan tenaga kependidikan.
Sesuai dengan UU Nomor 35 Tahun 2014 perilaku perundungan dapat  dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun 6 (enam) bulan  dan/atau denda paling banyak Rp72 Juta.

Sesuai UU Nomor 11 tahun 2008, perilaku perundungan secara siber dapat  dipidana penjara paling lama 6 tahun atau denda maksimal Rp 6.000.000.000 (6 milyar).

Ke mana dapat melaporkan kasus perundungan?

Bagi peserta didik dapat melaporkan kasus perundungan ke:
SMS: 0811-976-929
Telepon: 021-5790-3020 atau 021-570-3303
Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A)  Unit Pelayanan Perempuan dan Anak di Polres setempat.

Bagi masyarakat umum dapat melaporkan ke kepolisian terdekat disertai dengan bukti dan saksi perundungan atau ke Komnas HAM, Komnas Anti Kekerasan Terhadap Perempuan, atau YLBH (Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia).

Minggu, 26 Maret 2023

Microsoft Excel - Function VLookUp

Function VLookUp

Function VLookUp dipakai untuk mencari data di kolom pertama pada sebuah tabel data Excel. Pengambilan nilainya dari sel mana saja di baris yang sama di tabel data yang ada di Excel tersebut. Dengan menggunakan rumus Excel ini, kita bisa mengisi data di sebuah tabel sesuai dengan tabel referensi lainnya dengan memakai sebuah nilai kunci secara khusus dan lebih spesifik.

Awalan huruf "V" didepan kata Vlookup merupakan singkatan dari kata Vertical. Istilah vertikal ini merujuk pada bentuk tabel referensi yang digunakan, dimana header atau judul tabel terletak dibagian atas dan field datanya tersusun kebawah secara vertikal.

Contoh tabel vertikal:
Tabel Vertikal

Syntax function VLookUp:
=VLookup(LookUp Value,Table Array,Column Index Number,[Range LookUp])
  • LookUp Value adalah nilai yang digunakan untuk mengambil data.
  • Table Array adalah tabel yang digunakan untuk mengambil data.
  • Column Index Number adalah nomor index kolom dari table array, nomor 1 dimulai dari kolom pertama, nomor 2 merupakan kolom kedua dan seterusnya.
  • Range Lookup berupa nilai True atau False. True digunakan jika kolom pada table array yang memiliki nilai dari lookup value dalam keadaan terurut. False digunakan jika kolom pada table array yang memiliki nilai dari lookup value tidak dalam keadaan terurut.
Latihan Praktik

Microsoft Word - Shading

Shading digunakan untuk memberi warna latar belakang teks atau paragraf. Cara memberikan shading adalah masuk ke menu Home, lalu pilih Border, Borders and Shading.

Borders and Shading

Shading

Contoh shading:

Shading
Contoh Border dan Shading:

Borders and Shading

Latihan Praktik

Jumat, 24 Maret 2023

Canva - Kalender

Kalender
Apa itu Kalender?

Mendengar kalender, sebagian besar orang akan langsung tertuju pada lembaran kertas berisi tanggal, bulan dan tahun. Bentuk kalender sendiri cukup beragam. Ada yang masih berbentuk lembaran kertas yang ditempel di dinding atau diletakkan di atas meja, ada juga yang berbentuk aplikasi. Namun apapun bentuknya, fungsi kalender tetaplah sama.

Kalender sendiri merupakan sistem penanggalan yang berguna sebagai penunjuk waktu. Namun berbeda dengan jam, waktu yang ditunjukkan oleh kalender adalah hari, bulan dan tahun. Penanggalan dalam sistem kalender ini biasanya berdasarkan pada pergerakan benda-benda luar angkasa. Sebagai contoh, pergerakan matahari untuk penanggalan Masehi dan pergerakan bulan untuk penanggalan Jawa atau Hijriyah.

Fungsi Kalender

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, fungsi kalender pada dasarnya adalah sebagai penanda hari. Hari ini hari apa? Sekarang tanggal berapa? Dengan kalender, orang bisa lebih mudah mengidentifikasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti ini.

Fungsi fundamental kalender memang sebagai penanda hari. Namun seiring dengan perubahan zaman, fungsi kalender pun mengalami pergeseran. Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan kalender sebagai alat promosi atau branding. Masyarakat umum pun tidak sedikit yang menambahkan fungsi kalender sebagai bagian dari dekorasi ruang tamu atau kamar.

Salah satu jenis kalender yang kerap dimanfaatkan sebagai bagian dari dekorasi rumah adalah kalender meja. Agar terlihat lebih personal, tidak sedikit yang membuat kalender sendiri dengan foto diri atau keluarga sebagai gambar latar belakangnya.

Jenis-jenis Kalender

  • Kalender Meja
  • Kalender Dinding
  • Kalender Agenda Bulanan
  • Kalender Harian
Kalender Meja

Kalender Meja

Jika Anda mencari kalender yang bisa jadi penunjuk hari sekaligus dekorasi ruangan, kalender meja jawabannya. Kalender yang satu ini memang memiliki desain yang estetik. Dimensinya yang cukup mungil juga tidak memakan banyak tempat.

Kalender meja atau kalender duduk memang didesain agar bisa diletakkan di atas meja dan berbaur dengan peralatan di sekitarnya. Fungsi kalender inilah yang tidak bisa dijumpai di kalender jenis lain.

Biasanya, kalender meja hadir dengan ukuran 15 x 20 cm dan berorientasi landscape. Meski demikian, kalender meja juga bisa didesain berdiri atau portrait. Ukurannya juga bisa diubah jadi lebih besar ataupun lebih kecil dari ukuran normalnya.

Kalender Dinding

Kalender Dinding

Dari beberapa jenis kalender yang ada, bisa dikatakan inilah kalender yang paling banyak dijumpai di rumah tangga hingga gedung perkantoran. Asal nama kalender dinding tidak terlepas dari tempatnya biasa ditempatkan. Kalender yang satu ini biasanya ditempatkan di dinding dan dipaku layaknya hiasan dinding.

Bentuk kalender dinding sendiri sangat sederhana. Bentuknya hanya berupa lembaran-lembaran kertas berisi hari, tanggal dan bulan di setiap halamannya. Kalender dinding juga punya banyak pilihan varian ukuran.
  • Kalender Dinding Per Bulan.
  • Kalender Dinding Per Dua Bulan.
  • Kalender Dinding 1 Halaman 12 Bulan.
Kalender Dinding Per Bulan

Kalender Dinding Per Bulan
Sesuai dengan namanya, kalender dinding per bulan hanya menampilkan satu bulan di setiap halamannya. Format seperti ini mirip seperti kalender meja atau kalender duduk. Namun karena hanya berisi satu bulan di setiap halamannya, jumlah halaman kalender dinding ini juga jadi lebih banyak. Setidaknya, ada 12 lembar untuk setiap kalender dinding per bulan.

Kalender Dinding Per Dua Bulan

Kalender Dinding Per Dua Bulan


Jika kalender dinding per bulan hanya berisi satu bulan di setiap halamannya, beda lagi dengan kalender dinding per 2 bulan. Di setiap halamannya, jenis kalender dinding yang satu ini menampilkan dua bulan secara berurutan.

Bulan Januari dan Februari biasanya ditampilkan dalam satu halaman yang sama dan seterusnya. Karena format yang seperti ini, jumlah halaman kalender dinding per 2 bulan bisa lebih sedikit dari kalender per bulan, yakni mulai dari 6 lembar.

Kalender Dinding 1 Halaman 12 Bulan

Kalender Dinding 1 Halaman 12 Bulan
Untuk Anda yang mengejar fungsi kalender yang lebih praktis, kalender dinding 1 halaman 12 bulan bisa menjadi jawaban yang Anda cari. Jenis kalender yang satu ini hanya terdiri dari satu halaman. Namun sebagai gantinya, semua bulan dalam satu tahun ditulis dalam satu halaman tersebut.

Jumlah halaman yang lebih sedikit membuat kalender dinding 1 halaman 12 bulan punya biaya produksi yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis kalender yang lain. Karena alasan ini jugalah, kalender ini kerap digunakan sebagai media promosi ataupun kampanye.

Kalender Agenda Bulanan

Kalender Agenda Bulanan

Kalender berbentuk agenda bulanan umumnya hadir dalam format yang mirip seperti kalender per bulan. Satu halaman hanya berisi satu bulan. Kalender yang satu ini tidak terikat pada model khusus. Kalender agenda bulanan bisa hadir dalam format kalender meja ataupun kalender dinding.

Fungsi kalender agenda bulanan sedikit berbeda dengan kalender pada umumnya. Ada ruang kosong di setiap tanggalnya. Di ruang kosong inilah Anda bisa menuliskan agenda yang akan dikerjakan di tanggal tersebut. Fungsi kalender inilah yang membuat kalender agenda begitu khas.

Kalender Harian

Kalender Harian

Jika ketiga kalender di atas hadir dalam format bulanan, beda lagi dengan kalender harian. Sesuai dengan namanya, kalender harian hadir dengan format harian. Setiap halamannya berisi hari yang berbeda. Karena itu, kalender harian biasanya punya dimensi yang sangat tebal sesuai dengan jumlah hari dalam satu tahun.

Fungsi kalender harian pada dasarnya sama dengan kalender jenis lain. Hanya saja, Anda bisa dengan mudah merobek setiap halamannya jika tanggal yang tertera sudah terlewati. Karena konsep ini jugalah, kalender harian juga kerap disebut kalender sobek.

Beberapa komponen penting dalam desain kalender yang perlu Anda perhatikan dalam mendesain kalender:

Tema

Setiap desain kalender harus berdiri dalam satu tema besar yang sama. Tema ini akan diturunkan dalam desain-desain di setiap halamannya. Pesan mengapa tema tersebut diangkat perlu ditampilkan dan dapat diilustrasikan melalui desain yang menarik.

Identitas

Tampilkan identitas dari suatu perusahaan atau lembaga atau toko melalui warna khas atau supergraphic yang unik, maka tampilkan secara konsisten.

Pemilihan Gambar

Gambar yang dipilih harus sesuai dengan tema yang diangkat. Pastikan gambar yang digunakan memiliki resolusi yang terbaik, atau jika menggunakan ilustrasi pastikan ilustrasi berkesinambungan dengan tema besar kalender tersebut. Beberapa desain atau gambar pada kalender didukung oleh teks, teks yang dicantumkan harus singkat, padat, dan jelas.

Desain Unik dan Inspiratif

Jika sedang bosan atau berbicara di telepon, maka tanpa disadari kita suka memainkan benda-benda yang berada di sekitar kita, salah satunya adalah kalender. Maka kalender yang interaktif atau desain yang unik, akan meninggalkan kesan yang baik dan disukai.

Kepraktisan

Ukuran, jenis kertas, dan finishing kalender perlu menjadi perhatian juga. Kalender yang berukuran terlalu besar, memakan tempat, dan terlalu berat perlu dihindari. Jenis kertas yang dipilih juga harus tepat, serta finishing harus mendukung desain Anda. Sangat disayangkan jika desain kalender Anda sudah menarik, namun tidak didukung cetakan yang bagus.

Tempat Kosong Catatan Pendek

Sediakan tempat kosong agar memudahkan klien Anda mencatat event atau catatan pendek lainnya di kalender. Berikan jarak antar angka yang cukup, supaya di atas atau bawah angka ada tempat untuk menulis catatan singkat.

Latihan Praktik

Kamis, 23 Maret 2023

Microsoft PowerPoint - Action

Fitur Action PowerPoint

Fitur Action pada PowerPoint berfungsi untuk menjalankan aksi-aksi tertentu, seperti berpindah slide, mengakhiri slide show, membuka program lain, serta memainkan movie atau suara. Fitur Action dapat dijalankan dengan mengklik objek berupa action button, teks, shape, text box, dan gambar atau dengan menempatkan pointer di atas objek tersebut.

Cara memberikan Action adalah masuk ke menu Insert, lalu pilih Action.

Action

Pengaturan setting Action:

Action Setting

  • Mouse Click tab untuk menjalankan aksi dengan mengklik objek.
  • Mouse Over tab untuk menjalankan aksi dengan menempatkan pointer di atas objek.
  • None, bila tidak ingin menjalankan aksi.
  • Hyperlink to, untuk membuat link ke slide dalam presentasi yang sama atau presentasi yang berbeda, membuka dokumen program lain (Word, Excel, dan lain-lain), halaman web, atau mengakhiri slide show.
  • Run program, untuk menjalankan program tertentu. Klik Browse dan cari lokasi program yang ingin dijalankan.
  • Play sound, untuk menjalankan suara. Klik tanda panah untuk memilih suara yang sudah tersedia atau klik Other Sound untuk menyisipkan suara lain.
  • Run macro dan Object action akan tersedia bila slide memiliki macro atau OLE object.
Supaya kita hanya mengklik obyek yang telah diberikan aksi maka pada Set Up Slide Show perlu mengaktfkan Browsed at a kiosk (Full screen), Untuk mengatur Set Up Slide Show maka masuk ke menu Slide Show.

Set Up Slide Show

Set Up Slide Show

Latihan Praktik

Jumat, 17 Maret 2023

Microsoft Word - Border

Border

Bingkai atau border pada dokumen benar-benar dapat membantu menarik perhatian dan akan menonjolkan informasi yang terkandung dalam dokumen. Fitur border terdapat di dalam menu Home:

Borders and Shading

Border dapat diberikan pada suatu text atau paragraf.

Contoh border pada text:
Border Text
Contoh border pada paragraf:
Border Paragraf

Jenis-jenis border:
Tipe Border
Cara memberikan border adalah blok kata, kalimat, atau paragraf yang akan diberikan border, lalu masuk ke menu Home, pilih tombol Border, dan masuk ke Borders and Shading.


Mengatur border:
Mengatur Border

Latihan Praktik: