Minggu, 19 Februari 2023

Microsoft Word - Change Case dan Clear All Formatting

Change Case

Change Case berfungsi merubah format penulisan huruf pada sebuah kata, kalimat, atau paragraf. Change Case terletak pada menu Home.

Change Case


Cara mneggunakan Change Case adalah blok teks yang akan diberikan Change Case, lalu pada menu Home pilih tombol Change Case.

Change Case memiliki 5 tipe:
  1. Sentence Case.
  2. Lowercase.
  3. Uppercase.
  4. Capitalizes Each Word.
  5. Toggle Case.
Sentence Case

Sentence Case berfungsi untuk membuat seperti kalimat pada umumnya. Huruf depan suatu kata saja yang 'kapital'. Untuk huruf depan kata kedua, tidak akan kapital.


Lowercase

Lowercase berfungsi untuk membuat huruf di semua kata dalam satu kalimat menjadi huruf kecil semua.


Uppercase

Uppercase berfungsi untuk membuat huruf menjadi kapital semua, alias huruf besar semua.


Capitalized Each Word

Capitalized Each Word berfungsi membuat setiap huruf pertama setiap kata menjadi kapital. Huruf pertama di kata pertama dalam satu kalimat akan menjadi kapital. Begitu juga dengan huruf pertama di kata kedua dalam satu kalimat yang sama, akan menjadi kapital. Begitu juga dengan huruf pertama di kata ketiga dalam satu kalimat yang sama.


Toggle Case

Toggle Case berfungsi untuk mengubah huruf yang semula huruf kapital menjadi huruf kecil dan yang semula huruf kecil menjadi huruf kapital.


Clear All Formatting

Clear All Formatting berfungsi untuk menghapus semua pemformatan teks terpilih ke pemformatan standar. Perintah Clear All Formatting berada pada menu "Home" tepatnya berada pada grup perintah "Font". 

Clear All Formatting


Latihan Praktik

Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar