Minggu, 11 Desember 2022

Scanner

Scanner

Apa itu Scanner?

Scanner merupakan suatu alat untuk melakukan pemindaian terhadap dokumen dan menyimpan hasilnya ke bentuk digital. Untuk lebih mudahnya, scanner menransfer data atau benda fisik ke bentuk digital untuk disimpan atau diolah oleh komputer.

Asal Mula Scanner

Scanner sekarang ini diyakini sebagai keturunan dari alat telefotografi dan faksimili. Pada mulanya, alat faksimili ciptaan Giovanni Caselli pada tahun 1860-an yang mengirimkan baris telegraf adalah yang pertama ditemukan pada bidang ini. Alat tersebut menggunakan elektromagnet untuk mengarahkan dan menyamakan pergerakan pendulum pada lokasi asal dan tujuan, untuk memindai dan mereproduksi gambar. Alat itu dapat mengirimkan tanda tangan, tulisan tangan, atau gambar dengan dimensi 150 x 100mm. Barulah pada tahun 1913, Edouard Belin menciptakan Belinograph yang memindai dengan fotosel dan mengirimkan hasil pindai lewat kabel telefon biasa, yang menjadi fondasi jaringan AT&T Wirephoto. Barulah pada tahun 1926, scanner dipatenkan oleh penemunya yaitu Robert S. Ledley. Teknologi scanner terus berkembang hingga pada tahun 1943 diluncurkan CT Scanner yang mampu memindai tubuh secara keseluruhan yang dinamakan Automatic Computerized Transverse Axial (ACTA). Demikian penemuan dan perkembangan scanner hingga sekarang ini banyak sekali jenis dan implementasi mesin scanner dalam berbagai bidang.

Jenis-jenis Scanner

  1. Scanner Drum.
  2. Scanner Flatbed.
  3. Scanner Film.
  4. Scanner Roller.
  5. Scanner Tangan.
  6. Scanner 3D
Scanner Drum

Scanner drum menggunakan teknologi photomultiplier tubes (PMT) untuk membaca objek yang ingin dipindai. Scanner drum ini biasanya digunakan untuk menscan gambar berukuran besar, walaupun bisa juga untuk gambar ukuran kecil.
Scanner Drum


Scanner Flatbed

Scanner Flatbed menggunakan teknologi CCD (Charge Coupled Device) atau CIS (Contact Image Sensor) sebagai “mata” dalam membaca objek yang dipindai. Scanner ini paling banyak ditemukan dan digunakan, karena teknologinya bisa dibilang cukup murah dan sudah umum digunakan.
Scanner Flatbed

Scanner Film

Scanner Film menggunakan teknologi CCD (Charge Coupled Device). Scanner ini memindai dan mengkonversi data dari film negatif atau film positif (slide) dengan baik.
Scanner Film

Scanner Roller

Scanner Roller ini menarik dokumen untuk dilewati diatas mata scanner. Proses ini menghasilkan penarikan dokumen yang cepat, sehingga efisien dalam memindai dokumen berjumlah banyak. Scanner jenis ini dibagi dalam 2 kelompok lagi, yaitu ADF (Automatic Document Feeder) dan Sheet Feed.

Scanner ADF (Automatic Document Feeder) ini adalah scanner jenis baru yang dikembangkan khusus untuk pemindaian dokumen dalam jumlah yang banyak. Scanner ini memiliki tempat untuk meletakkan dokumen yang ingin dipindai yang kemudian akan ditarik secara otomatis untuk dipindai.
Scanner ADF

Scanner Sheet Feed memiliki cara kerja memasukkan kertas satu per-satu. Scanner jenis ini lebih dikenal dengan nama Scanner Mobile / Scanner Notebook / Scanner Portable.
Scanner Sheet Feed

Scanner Tangan

Cara pindai scanner jenis ini adalah menggerakannya dengan tangan secara manual pada suatu objek/dokumen.
Scanner Tangan


Scanner 3D

Scanner 3D adalah scanner yang merekam objek secara nyata. Ia bisa merekam lekukan, ketebalan, panjang dan lebar sebuah objek tertentu. menariknya, di dalam scanner 3D terdapat teknologi 3D Laser Scanner. Selain itu juga terdapat kamera dan blitz. Sehingga bisa digunakan untuk memindai benda-benda berukuran kecil.

Scanner 3D

Cara Kerja Scanner

Cara kerja scanner adalah dengan menempatkan sebuah obyek di atas kaca scanner, yang kemudian akan dibaca oleh optical data reader.

Menggunakan Smartphone Sebagai Scanner

Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar