Jumat, 16 Desember 2022

Random Access Memory (RAM)

RAM

Apa itu RAM?

RAM adalah jenis memori sangat cepat yang digunakan untuk menyimpan data sementara saat komputer memproses data atau mengeksekusi perintah.

Cara Kerja RAM

Fungsi RAM adalah untuk menyimpan data jangka pendek yang diperlukan PC untuk beroperasi dengan baik. Tetapi tidak seperti hard disk drive atau SSD (solid-state drive), yang menyimpan data tanpa batas waktu, RAM melakukan reset tiap kali sistem mengalami reboot.

RAM adalah "memori volatil", yang berarti RAM hanya menyimpan data saat memiliki daya, kebalikan dari HDD atau SSD yang "non-volatil". Program dimuat ke RAM untuk sementara ketika digunakan, namun berada dalam drive penyimpanan secara permanen (hingga dihapus).

Komputer memerlukan akses cepat ke data sementara untuk menjalankan program dan melaksanakan tugas. PC game modern, misalnya, perlu mengambil aset karya seni dengan cepat. Game membaca dan menulis data ke RAM karena tingkat kecepatannya lebih tinggi daripada mengakses data ke perangkat penyimpanan.

Bentuk dan Ukuran RAM

  1. DIMM (Dual in-line memory module) adalah modul RAM yang lebih besar, yang dirancang untuk motherboard desktop.
  2. SO-DIMM (small outline dual in-line memory module) adalah modul yang lebih kecil yang dibuat untuk laptop, PC mini Intel® NUC, dan sebagian motherboard faktor bentuk kecil (SFF) Mini-ITX.
Bentuk dan Ukuran RAM

Spesifikasi RAM
  • Kapasitas: Diukur dalam gigabyte (GB). Semakin tinggi kapasitas, semakin banyak data dapat disimpan oleh aplikasi. Pada kapasitas yang lebih tinggi, lebih banyak aplikasi yang dapat berjalan secara bersamaan, dan game dapat menyimpan data sementara dengan jumlah lebih besar.
  • Kecepatan: Diukur dalam megatransfer per detik (MT/s), juga sering kali diperlakukan sebagai kecepatan dalam megahertz (MHz), meskipun ini merupakan pengukuran yang berbeda dibandingkan kecepatan clock. Peringkat kecepatan yang lebih tinggi berarti respons yang lebih cepat terhadap permintaan membaca dan menulis, yang berujung pada peningkatan performa.
Spesifikasi RAM

RAM ECC dan RAM Non-ECC

RAM ECC dan RAM Non-ECC

Error-correcting code (ECC) Memory adalah type RAM yang dapat mendeteksi dan mem-perbaiki error / kesalahan  yang terjadi pada memory internal karena adanya data yang corrupt saat system sedang beroperasi.

Jika menggunakan memory non-ECC ketika terdapat bit data yang corupt pada memory dan selanjutnya bit tersebut tereksekusi, maka system akan mengalami blue screen of death (BSOD). Akibatnya server akan down. Lain halnya dengan RAM yang sudah menggunakan ECC Memory, yang akan mendeteksi bit yang corupt dan memperbaikinya sehingga BSOD tidak akan terjadi.  Pada setiap 8-bit data dalam RAM, terdapat tambahan bit data lagi yang memang sengaja digunakan untuk melakukan error checking dan melakukan error correction, itulah salah satu keunggulan ECC Memory pada RAM.

BSOD


Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar