Senin, 05 Desember 2022

Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran

Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran

Penggunaan perangkat teknologi seperti komputer, gawai, dan tablet mengalami peningkatan yang sangat tinggi. Hal tersebut terjadi karena perkembangan dan kebutuhan jaringan internet juga semakin meningkat. Banyak hal yang dapat dilakukan dan media sosial adalah salah satu fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna internet saat ini.

Media sosial adalah media/sarana yang digunakan untuk kebutuhan komunikasi jarak jauh, dan sarana untuk medapatkan informasi melalui perangkat aplikasi dengan jaringan internet. Melalui jaringan internet, masyarakat dapat berkomunikasi dengan cepat untuk menjalin hubungan dengan orang lain, melakukan wirausaha secara online, memberikan dan mendapat informasi dengan cepat tanpa mengenal tempat dan waktu. Pada masa ini media sosial tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Hampir semua kegiatan manusia di era ini berkaitan dengan penggunaan media sosial dan jaringan internet. Secara umum media sosial disebut memiliki fungsi hiburan, pendidikan, dan informatif.

Media sosial telah menjadi kebutuhun bagi peserta didik untuk mencari ilmu, membagi ilmu, dan berinteraksi dengan pengguna media sosial lainnya melalui berbagai media yang telah tersedia. Para peserta didik bisa memanfaatkan berbagai macam media sosial untuk menunjang kegiatan belajar mereka. Berbagai media yang kini sering digunakan oleh peserta didik untuk mendapatkan informasi adalah blog, Instagram, TikTok, dan YouTube. Dengan berusaha meminimalisir dampak negatif dari media sosial, kita dapat memaksimalkan pemanfaatannya untuk kegiatan pendidikan dan pembelajaran.

Manfaat media sosial dalam dunia pendidikan:

  • Lebih menghargai orang lain.
  • Berpikir kritis.
  • Memperluas pertemanan.
  • Meningkatkan motivasi.
Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar