Minggu, 11 Desember 2022

Keyboard

Keyboard

Apa itu Keyboard?

Keyboard atau papan tombol adalah alat yang memungkinkan penggunanya untuk memasukkan karakter (character) ke dalam komputer. Karakter tersebut berupa huruf, angka, dan simbol. Keyboard konvensional memiliki beberapa kelompok tombol berikut.

  1. Typewriter Keys: tombol untuk mengetik, yang terdapat huruf (alfabet), angka (numerik), dan tanda baca (punctuation).
  2. Functions Keys: tombol F1 sampai dengan F12 yang terletak di keyboard bagian atas untuk fungsi khusus.
  3. Numeric Keys: tombol khusus angka (numeric), tombol operator aritmatika seperti perkalian, penjumlahan, pembagian, dan pengurangan. Numeric keypad juga memiliki pengendali kursor jika tombol numlock hidup.
  4. Control Keys: tombol-tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).
Tombol Keyboard

Sering juga kita dapati saat menggunakan keyboard, terdapat lampu indicator yang menyala. Ketiga lampu tersebut adalah Num Lock, Caps Lock dan Scroll Lock. Ketiga tombol tersebut memiliki fungsi masing – masing yaitu:
  • Num Lock berfungsi untuk mengaktifkan tombol numerical yang ada pada bagian kanan keyboard. Untuk mengaktifkannya kita tinggal menekan tombol Num Lock pada keyboard.
  • CAPS LOCK berfungsi untuk membuat semua huruf menjadi huruf kapital. Cara mengaktifkannya hanya dengan menekan tombol Caps Lock pada keyboard.
  • SCROLL LOCK digunakan untuk mengunci fungsi glidder dari mouse scroll. Cara mengaktifkannya hanya dengan menekan tombol Scroll Lock pada keyboard.
Cara Kerja Keyboard
  1. Ketika tombol keyboard ditekan, akan menekan lapisan karet yang ada di bawahnya.
  2. Karet tersebut terhubung dengan sebuah chip yang mentransmisikan sinyal yang didapat ketika tombol ditekan.
  3. Sinyal yang ditransmisikan berupa kode-kode biner.
  4. Data yang berbentuk biner tersebut akan diterjemahkan oleh Central Processing Unit (CPU) dengan mengacu ke data yang tersimpan pada Read Only Memory (ROM) untuk ditampilkan pada layar monitor.
Jenis-jenis Keyboard

Jenis keyboard berdasarkan konektornya:
  1. Keyboard Serial.
  2. Keyboard PS/2.
  3. Keyboard Wireless.
  4. Keyboard USB.
Keyboard Serial Serial Port
Keyboard Serial
Keyboard PS/2
Keyboard PS/2
Keyboard Wireless
Keyboard Wireless
Keyboard USB
Keyboard USB
Jenis keyboard berdasarkan posisi tombol:
  1. Keyboard QWERTY, yaitu keyboard dengan tata letak paling populer yang didasarkan pada enam huruf pertama pada papan ketik mesin tik. Desain QWERTY dibuat agar huruf yang paling umum tidak akan membuat mesin tik mekanis “macet”, atau berhenti bekerja.
  2. Keyboard Dvorak, yang meletakkan huruf paling umum di tempat yang paling mudah dijangkau. Keyboard game juga meletakkan tombol tertentu untuk akses yang lebih cepat.
  3. Keyboard Klockenberg, yang mengedepankan aspek ergonomis di mana keyboard QWERTY dimodifikasi untuk mengurangi beban otot tangan.
  4. Keyboard Maltron, sebagaimana keyboard QWERTY yang didesain untuk kenyamanan tangan.
  5. Keyboard virtual, yaitu keyboard QWERTY yang diproyeksikan pada media lain untuk, misalnya layar ponsel, layar komputer, meja, dan lainnya. Keyboard ini memungkinkan pengetikan tanpa menggunakan keyboard secara fisik.
  6. Keyboard Chord, yaitu keyboard yang hanya memiliki beberapa tombol yaitu antara 4 sampai 5 saja. Jika kita ingin memasukkan suatu huruf maka harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Dari segi ukuran Chord terlihat lebih kompak dan sangat cocok jika di gunakan untuk aplikasi yang portable. Dari sisi kecepatan Chord memang bisa diunggulkan karena memiliki kecepatan tinggi, namun masih kurang popular karena pada penggunaan yang lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan pengguna.
  7. Keyboard Alphabetic, yaitu keyboard yang susunan hurufnya berurutan seperti pada urutan alphabet.
  8. Keyboard Numeric, yaitu keyboard yang susunan tombolnya berupa angka dan lambang yang digunakan dalam perhitungan.

Keyboard QWERTY
Keyboard QWERTY
Keyboard Dvorak
Keyboard Dvorak
Keyboard Klockenberg
Keyboard Klockenberg
Keyboard Maltron
Keyboard Maltron
Keyboard Virtual
Keyboard Virtual
Keyboard Chord
Keyboard Chord
Keyboard Alphabetics
Keyboard Alphabetics
Keyboard Numeric
Keyboard Numeric

Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar