Selasa, 20 Desember 2022

Graphical Processing Unit (GPU)

GPU

Apa itu GPU?

Unit Pemrosesan Grafis (GPU) adalah sirkuit elektronik khusus yang dirancang untuk mempercepat pembuatan gambar keluaran ke peranti tampilan komputer. GPU biasanya digunakan pada embedded system (sistem tertanam), ponsel, komputer pribadi (PC), workstation, dan konsol game. GPU modern sangatlah efisien dalam memanipulasi grafik komputer dan pemrosesan gambar. Strukturnya yang sangat paralel membuatnya lebih efisien daripada unit pusat pemrosesan (CPU). Pada komputer pribadi, GPU biasanya muncul dalam bentuk video card atau tertanam di motherboard. 

Jenis-jenis GPU

  1. GPU Onboard
  2. GPU Offboard
GPU Onboard

GPU Onboard

GPU onboard merupakan unit pemrosesan yang sudah terintegrasi dengan motherboard, sehingga tidak diperlukan lagi kartu GPU. Keberadaan chipset GPU onboard tidak diperbaiki, karena GPU onboard dapat di set menjadi tidak aktif jika pengguna ingin memasang kartu GPU yang diinginkannya. 

GPU Offboard

GPU Offboard

Dengan menggunakan GPU Offboard sebagai pengganti onboard maka akan mendapatkan performa yang lebih baik dibandingkan dengan sistem yang menggunakan UMA (Unified Memory Architecture).

Fungsi GPU
  1. Memproses masukan grafis yang ada, kemudian menampilkannya pada layar monitor dengan kualitas yang tinggi.
  2. Melakukan komputasi pararel pada data yang berjumlah banyak.


Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar