Senin, 12 Desember 2022

Barcode Reader (Barcode Scanner)

Barcode Reader

Apa itu Barcode?

Barcode adalah serangkaian kode yang terdiri dari bar (batang) dan spasi dengan lebar bervariasi yang bisa dibaca dengan menggunakan pemindai barcode optik.

Manfaat Barcode

  1. Secara lebih efektif mampu mengidentifikasi barang mana yang cepat habis dan harus segera dipesan ke supplier/pemasok.
  2. Mampu menyediakan sejumlah informasi penting untuk melacak barang mana yang slow moving (bergerak lambat), sehingga barang-barang tersebut tidak perlu dipesan buru-buru ke pemasok.
  3. Memudahkan dalam hal memonitor pergerakan penjualan kapan saja (harian, mingguan, bulanan) sehingga bisa diketahui dengan cepat tingkat profitabilitas toko.
  4. Tersedianya catatan dan historis penjualan secara rinci, sehingga pemilik toko dapat memprediksi ke depannya serta lebih mudah untuk mengambil keputusan.
  5. Lebih mudah untuk mengetahui barang-barang mana yang dijual dengan promo, diskon, dan sudah naik harga jualnya.
  6. Dapat menyediakan informasi untuk persediaan dan penjualan toko dengan akurat.

Contoh Barcode

Barcode

Apa itu Barcode Reader?

Barcode reader adalah pemindai optis yang dapat membaca barcode yang tercetak, mengubah kode bar tersebut menjadi data elektrik dan mengirimkannya ke komputer dengan format data yang sederhana.

Cara Kerja Barcode Reader

Sistem kerja scanner barcode yaitu mengambil, memindai simbol serta mengubah kode bar menjadi data elektrik dan mengirim ke komputer dengan format data sederhana.

Membuat dan Memindai Barcode

Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar