Laboratorium Komputer SMP

Suasana belajar di Laboratorium Komputer SMP.

Yayasan Pendidikan Gereja Methodist Indonesia

TK/SD/SMP/SMA Swasta Methodist 3 Medan

Ekskul

Kegiatan Ekskul dilaksanakan setiap hari Sabtu

Rabu, 30 November 2022

Pengenalan Microsoft Excel

Microsoft Excel



Apa itu Microsoft Excel???

Microsoft Excel adalah program perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mengolah dan menghitung data yang bersifat numerik (angka).

Fungsi Microsoft Excel
  • Membuat, mengolah dan menyimpan data.

  • Membuat grafik atau diagram dari data yang dimasukkan.
  • Menyelesaikan perhitungan statistika, aritmatika dan logika.
  • Sebagai aplikasi akuntan untuk merekap laporan keuangan.
  • Sebagai alat untuk melakukan analisa data.
  • Untuk melakukan perhitungan keuangan seperti kurs mata uang.
  • Sebagai database sederhana.
Microsoft Excel

Versi Microsoft Excel
  • Tahun 1985  Microsoft Excel 1 (Versi 1.0)
  • Tahun 1987 – Microsoft Excel 2 (Versi 2.0)
  • Tahun 1990 – Microsoft Excel 3 (Versi 3.0)
  • Tahun 1992 – Microsoft Excel 4 (Versi 4.0)
  • Tahun 1993 – Microsoft Excel 5 (Versi 5.0)
  • Tahun 1995 – Microsoft Excel 95 (Versi 7.0)
  • Tahun 1997 – Microsoft Excel 97 (Versi 8.0)
  • Tahun 2000 – Microsoft Excel 2000 (Versi 9.0)
  • Tahun 2002 – Microsoft Excel 2002 (Versi 10.0)
  • Tahun 2003 – Microsoft Excel 2003 (Versi 11.0)
  • Tahun 2007 – Microsoft Excel 2007 (Versi 12.0)
  • Tahun 2010 – Microsoft Excel 2010 (Versi 14.0)
  • Tahun 2013 – Microsoft Excel 2013 (Versi 15.0)
  • Tahun 2016 – Office Excel 2016 (Versi 16.0)
  • Tahun 2019  Office Excel 2019 (Versi 17.0)
  • Tahun 2021  Office Excel 2021 (Versi 18.0)

Kamis, 24 November 2022

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Zaman Now

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Istilah “Guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa” tidaklah menjadi hal yang asing di telinga kita. Mengingat bagaimana para guru berjuang membebaskan rakyat Indonesia dari kebodohan di tengah segala keterbatasan media, fasilitas, dan penjajahan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pahlawan adalah: “Orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran”. Secara sederhana, pahlawan tanpa tanda jasa adalah orang yang berani dan rela berkorban dalam membela kebenaran tanpa mengharapkan keuntungan pribadi.

10 fakta mengapa guru dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa:

  1. Guru tidak hanya bekerja pukul 7 pagi hingga pukul 3 sore saja, tapi mereka pun bekerja di rumah apakah itu untuk mempersiapkan materi berikutnya, menyiapkan soal PR, remedial dan ulangan, atau memeriksa dan menilai tugas yang diserahkan oleh para siswa.
  2. Guru menjadi guru bukan karena mereka tidak cukup pintar untuk bekerja di bidang lain yang lebih dipandang di masyarakat, tapi mereka menjadi guru karena mereka ingin membuat hidup para anak muda lebih baik lagi.
  3. Guru sangat menyukai siswa yang datang ke sekolah setiap hari dengan sikap baik dan benar-benar ingin belajar.
  4. Guru itu kreatif dan asli. Meskipun mereka mencontoh cara mengajar orang lain, tapi tetap saja tidak ada guru yang sama dalam mengajar.
  5. Guru mengerti bahwa siswa sebagai individu dan siswa dalam kelas adalah berbeda, mereka terus belajar untuk mengerti kebutuhan masing-masing siswa.
  6. Guru sejatinya ingin yang terbaik bagi para siswanya, mereka tidak ingin melihat kegagalan siswanya.
  7. Guru seringkali menggunakan uangnya sendiri untuk hal-hal yang mereka butuhkan dalam proses belajar mengajar di kelas.
  8. Guru ingin melihat siswa-siswanya yang telah lulus menjadi orang yang produktif dan warga negara yang sukses di kehidupan selanjutnya.
  9. Guru bekerja pada siklus yang tidak pernah berhenti kecuali apabila mereka berhenti mengajar, mereka bekerja keras untuk setiap siswanya dari titik A ke titik B dan memulai lagi yang baru di tahun ajaran mendatang.
  10. Guru sangat senang menerima dan menggunakan teknologi baru jika saja mereka benar-benar dilatih untuk dapat menggunakannya.
Puisi Hari Guru Nasional

Aku dan Guru

Dengan pena pengetahuan
Kau goreskan ilmu-ilmu dalam duniaku
Dengan pupuk keahlian
Kau taburkan benih-benih keterampilan
Dengan cat kasih sayang
Kau lukiskan warna-warna indah dalam jiwaku

Guru,
Andai kutahu marahmu adalah demi kebaikanku
Andai nakalku kusadari menyakitimu
Aku akan minta maaf, memelukmu
Aku hanyalah seonggok batu
Yang kau asah menjadi berlian

Duniaku yang dulu hitam, gelap
Kini bercahaya penuh warna
Hanya seuntai doa yang dapat kuberikan
Atas segala jasamu
Agar semua orang menghargai dan mengenangmu

Hari Guru


Sagusablog

Sagusablog

SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) merupakan salah satu kegiatan yang diprakarsai Ikatan Guru Indonesia. SAGUSABLOG pertama kali dilaksanakan di Surabaya dalam rangkaian kegiatan TOT Literasi Produktif Berbasis IT dalam kelas Mobile Blogging dengan trainer Amin Mungamar (Mr. Mung), dan Dahli Ahmad (Kang Dahli).

Saat ini SAGUSABLOG membuka workshop online menggunakan sarana chating melalui aplikasi telegram, dibantu dengan modul dan video pembelajaran sehingga mudah dipahami peserta workshop online walaupun belajar mandiri dirumah masing-masing.

Blog

Blog yang merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut (wikipedia).

Mengapa Blog?

Seperti telah disampaikan di awal bahwa blog menjadi salah satu andalan IGI. Hal ini karena IGI memandang bahwa blog merupakan salah satu media atau sarana yang sangat efektif untuk menampilkan berbagai informasi. Dalam perkembangannya saat ini, blog tidak digunakan untuk menyimpan sebuah catatan harian. Lebih dari itu, blog bisa digunakan sebagai media publikasi dan komunikasi yang bisa dilakukan secara interaktif. 

Manfaat Blog

  • Guru bisa mendidik melalui tulisan-tulisan inspiratif dan edukatif.
  • Guru bisa mengajar melalui media-media interaktif.
  • Guru bisa melakukan penilaian dan evaluasi melalui blog.


Ekskul

Ekskul


Apa itu Ekskul?

Kegiatan ekstrakurikuler atau ekskul adalah kegiatan tambahan yang dilakukan di luar jam pelajaran yang dilakukan baik di sekolah atau di luar sekolah dengan tujuan untuk mendapatkan tambahan pengetahuan, keterampilan dan wawasan serta membantu membentuk karakter peserta didik sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 060/U/1993 dan Nomor 080/U/1993, kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang diselenggarakan di luar jam pelajaran yang tercantum dalam susunan program sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah, dan dirancang secara khusus agar sesuai dengan faktor minat dan bakat siswa.

Sedangkan menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan, kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu jalur pembinaan kesiswaan. Kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti dan dilaksanakan oleh siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah, bertujuan agar siswa dapat memperkaya dan memperluas diri.

Fungsi Ekskul

  1. Fungsi pengembangan, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mendukung perkembangan personal peserta didik melalui perluasan minat, pengembangan potensi, dan pemberian kesempatan untuk pembentukan karakter dan pelatihan kepemimpinan.
  2. Fungsi sosial, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperluas pengalaman sosial, praktik keterampilan sosial, dan internalisasi nilai moral dan nilai sosial.
  3. Fungsi rekreatif, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dalam suasana rilek, menggembirakan, dan menyenangkan sehingga menunjang proses perkembangan peserta didik. Kegiatan ekstrakulikuler harus dapat menjadikan kehidupan atau atmosfer sekolah lebih menantang dan lebih menarik bagi peserta didik.
  4. Fungsi persiapan karir, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik melalui pengembangan kapasitas.
Tujuan Ekskul
  1. Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yang meliputi bakat, minat, dan kreativitas.
  2. Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dari pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan.
  3. Mengaktualisasi potensi siswa dalam pencapaian potensi unggulan sesuai bakat dan minat.
  4. Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat mandiri (civil society).
Jenis-jenis Ekskul
  1. Krida. Kepramukaan, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, Palang Merah Remaja (PMR), Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dan lainnya. 
  2. Karya ilmiah. Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR), Kegiatan Penguasaan Keilmuan dan kemampuan akademik, penelitian dan sebagainya.
  3. Latihan/olah bakat/prestasi. Pengembangan bakat olahraga, seni dan budaya, cinta alam, jurnalistik, teater, keagamaan, dan lainnya.
Di SMP Swasta Methodist 3 Medan terdapat 6 ekskul yang menjadi pilihan siswa  untuk meningkatkan serta menumbuh kembangkan potensi atau bakatnya melalui kegiatan ekskul ini, 9 ekskul tersebut diantaranya:
  1. TIK
  2. Kesenian
  3. Prakarya
  4. Sains
  5. Olahraga
  6. Wirausaha
Untuk kegiatan ekskul dilaksanakan pada setiap hari Sabtu, mulai jam 07.00 WIB dan berakhir pada jam 09.00 WIB.



Ebook: Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial

Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial

Buku media pembelajaran memang bukan hal yang baru, banyak akademisi dan praktisi mengulas berbagai aspek media dan sejauh mana perannya dalam pembelajaran. Namun kita juga harus tahu beberapa dari mereka masih mengupas media-media yang telah usang. Dunia pendidikan terus berkembang. Jika kita tidak melakukan pembaharuan, salah satu konsekuensinya, literatur tersebut belum tentu bisa menjawab pertanyaan “media apa yang cocok digunakan untuk mengajar generasi milenial?”, apalagi mempelajarinya secara detail.

Harga: Rp 10.000

Berminat? Hubungi wa.me/6287877508449

Rabu, 23 November 2022

Soal Online Pengenalan Microsoft Word

Soal Online:


Waktu Pengerjaan: 30:00 menit!
Score Online:

Internet dan Intranet

 

Internet Intranet

Apa itu internet dan intranet?

Internet merupakan singkatan berdasarkan interconnection-networking, yang secara harafiah diartikan menjadi sistem dunia berdasarkan semua jaringan personal komputer yang saling terhubung.

Intranet adalah bentuk teknologi yang digunakan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Intranet digunakan untuk mempercepat proses pertukaran informasi atau data dalam suatu perusahaan atau organisasi. Secara umum, intranet dapat beroperasi menggunakan jaringan area lokal (LAN) atau jaringan area luas (WAN).

Fungsi Internet

  1. Mempermudah pencarian informasi.
  2. Memudahkan pencarian ilmu pengetahuan.
  3. Memudahkan pengiriman informasi ke berbagai media elektronik.
  4. Mempermudah jalinan komunikasi.
  5. Memudahkan akses hiburan, seperti musik dan film.
  6. Mempermudah kegiatan bisnis, pendidikan, dan lainnya
Fungsi Intranet
  1. Mengakses informasi (dokumen, kebijakan, serta informasi yang dibutuhkan karyawan perusahaan atau organisasi).
  2. Memudahkan karyawan dalam perusahaan untuk menjalin komunikasi, bertukar data, serta mengirim informasi.
  3. Melakukan manajemen karyawan.
Perbedaan Internet dan Intranet

Internet dapat diakses secara global. Sedangkan intranet hanya dalam lingkup internal perusahaan atau organisasi. Sementara itu, ekstranet menyediakan gabungan beberapa jaringan intranet.

Pengenalan Microsoft Word

Microsoft Word

 Apa itu Microsoft Word?

Microsoft Word adalah program pengolah kata berupa software aplikasi yang berfungsi untuk membuat tulisan dengan berbagai macam format, seperti surat, laporan, jurnal, dan sebagainya. Microsoft Word merupakan aplikasi yang masih dalam satu bagian pada paket Microsoft Office milik perusahaan Microsoft.

Fungsi Microsoft Word

  1. Membuat dokumen.
  2. Mengedit dokumen.
  3. Memformat dokumen.
  4. Mencetak dokumen.
  5. Menyisipkan gambar.
  6. Membuat tabel.
  7. Membuat grafik.
Membuka Microsoft Word



Mengubah Satuan


Margin

Margin


Posisi Kertas

Posisi Kertas




Ukuran Kertas


Font

Font



Font Size

Font Size


Mengubah Ukuran Screen Microsoft Word


Memblok Text



Font Style

Font Style

Keterangan:
  • B = Bold = Cetak Tebal
  • I = Italic = Cetak Miring
  • U = Underline = Cetak Garis Bawah

Menyimpan Dokumen


Pengenalan Microsoft Word

Pemanfaatan Akun Gmail

Gmail
Mengapa Menggunakan Akun Gmail?

Gmail saat ini menjadi salah satu platform email yang paling banyak digunakan di dunia. Selain digunakan untuk berkirim pesan email, Gmail seringkali juga digunakan untuk sinkronisasi akun pemilik ponsel Android. ketersediaan fitur-fiturnya yang lengkap yang memudahkan pengguna untuk menggunakannya.

Apa itu Gmail?

Gmail adalah kepanjangan dari Google Mail yakni layanan email yang selama ini disediakan dan dijalankan oleh Google sejak 2004. Saat kemunculan awalnya, Gmail hanya bisa digunakan oleh mereka yang “diundang”. Namun seiring berjalannya waktu, Google kemudian mengizinkan siapa pun untuk bergabung.

Fungsi Gmail

  1. Membuat dan mengirim surel.
  2. Organisasi pesan masuk.
  3. Menemukan surel.
  4. Membuat tanda tangan.
  5. Membuka Google Calendar.
  6. Memulai video meeting.
  7. Chat langsung di Gmail.
Cara Membuat Akun Gmail


Kalender Akademik 2022/2023

Kalender Akademik

Silabus Kelas IX

Silabus

Silabus Kelas VIII

Silabus

RPP Kelas IX

RPP

RPP Kelas VIII

RPP

Silabus Kelas VII

Silabus

RPP Kelas VII

RPP